Jenis-jenis Proposal Beserta Pengertian Proposal Secara Umum

Jenis-jenis proposal itu ada berapa? untuk lebih jelas mengenai proposal yang berkaitan dengan jenisnya, mari kita belajar secara menyeluruh dalam pengertian proposal secara umum,  Sebenarnya apa sih itu proposal? Proposal merupakan usulan yang berbentuk tulisan untuk diajukan kepada pihak lain sebelum kegiatan dilakukan. Dilakukan dengan cara sistematis untuk mendapatkan bantuan dana, ijin dan sebagainya.

Apa fungsi proposal? proposal dibuat untuk dimaksudkan mengajukan dana segar dan segala proses perizinan dari pihak terkait. Nah, dalam proses pengajuan proposal, masing-masing kegiatan ada tersendiri proposal-nya. Dan itu termasuk dalam pembahasan jenis jenis proposal yang akan kita pelajari berikut.

Jenis-jenis proposal dibedakan menjadi dua (2). Yaitu:
  1. Proposal Berdasarkan Bentuk
  2. Proposal Secara Umum

PROPOSAL BERDASARKAN BENTUK

Mari kita bedah satu persatu mengenai jenis proposal. Yang pertama mulai dai jenis proposal yang dilihat/berdasarkan bentuknya. Berdasarkan bentuk, proposal dibagi kembali menjadi proposal formal, proposal non formal dan proposal semi formal.

Proposal Formal

Jenis-jenis Proposal - proposal formal

Apa itu proposal formal? proposal yang biasanya ditujukan ke Instansi Pemerintahan dan menggunakan bahasa baku. Proposal formal memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Pendahuluan
  • Isi Proposal
  • Bagian Penutup
Bagian pendahuluan proposal formal berisi cover/sampul, halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan. Ini umum dilakukan.

Dalam isi proposal formal ada latar belakang, batasan masalah, tujuan dalam hal ruang lingkup, ide dasar (asumsi dasar), metodologi, fasilitas, susunan panitia kegiatan, untung-rugi, tempat, waktu serta estimasi anggaran yang diperlukan.

Dan pada bagian penutup proposal formal ada yang namanya  bibliografi/daftar pustaka, tabel perencanaan kegiatan dan lampiran.


Proposal Non Formal

Jenis-jenis Proposal - proposal non formal

Bagaimana dengan proposal non formal? apa perbedaan antara proposal formal dan non formal. Yang pertama adalah tujuan penggunaan, ditujukan kepada siapa dan susunan proposal itu sendiri. Pada proposal non formal biasanya ditujukan kepada pihak swasta seperti toko tau usaha kecil lain. Dan susunannya tidak terlalu lengkap seperti  proposal formal.

Dalam pembuatan proposal jenis ini harus ada beberapa unsur yang antara lain adalah :
  • Masalah
  • Pemecah masalah
  • Saran
  • Dan permohonan

Proposal Semi Formal

Proposal semi formal adalah proposal yang pembuatan'nya hampir sama dengan formal dan non formal (ditengah-tengah). Pada proposal jenis ini, dibedakan lagi menjadi dua (2). Yaitu:

  1. Proposal Kegiatan Umum
  2. Proposal Kegiatan Ilmiah Sederhana
Proposal kegiatan umum adalah sebuah bentuk proposal untuk kegiatan umum. Susunannya jelas mendeskripsikan kegiatan yang akan dilaksanakan, Contoh dari proposal jenis ini adalah kegiatan bazar buku sekolah.
Baca:
Contoh Proposal Kegiatan Sekolah - Bazar Buku
Sedangkan untuk proposal kegiatan ilmiah sederhana adalah sebuah proposal yang berisi tahap demi tahap  melakukan kegiatan yang bersifat ilmiah. Seperti proposal pengamatan dan proposal pengadaan diskusi ilmiah.
Baca:
Proposal Kegiatan Ilmiah Lengkap


Proposal Secara Umum

Setelah kita mengetahui jenis proposal yang pertama yakni jika dilihat dari bentuknya. Selanjutnya jenis proposal jika dilihat secara umum. Pada jenis ini, dibagi lagi menjadi 4 (empat). Adapun lebih rinci sebagai berikut:

1. Proposal Bisnis
Apa itu proposal bisnis? untuk proposal bisnis, tentunya berhubungan dengan pekerjaan, kerjasama antar kantor, perusahaan dan sejenisnya. Proposal ini bisa dibuat oleh perorangan maupun kelompok dengan maksud tak lebih adalah untuk usaha. Contohnya adalah seperti proposal pendirian usaha, proposal kerja sama antar perusahaan dan lain sebagainya. 

2. Proposal Proyek
Untuk jenis yang satu ini hampir sama dengan bisnis. Hanya kepada siapa dituju proposal ini dibuat saja. Proposal proyek dibuat untuk sebuah proyek kecil maupun besar sekalipun seperti proposal pengajuan pembangunan, proposal pengajuan proyek usaha bisnis dan lain sebagainya.

3. Proposal Penelitian
Biasanya proposal jenis ini digunakan anak-anak sekolah maupun di tingkat mahasiswa.universitas. Proposal ini contohnya adalah proposal tugas akhir yang harus dikerjakan oleh orang-orang akademik. Contohnya bisa dilihat dibawah:
Baca:
Contoh Proposal Tugas Akhir Berbagai Disiplin Ilmu

4. Proposal Kegiatan
Terakhir adalah jenis proposal kegiatan. Bagaimana bentuk proposal kegiatan? apakah sama dengan yang lain! Secara eksplisit sama saja. Proposal ini ditujukan untuk sebuah kegiatan, baik itu resmi maupun tidak. Contohnya kegiatan Agustus.
Baca:
Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus
Jenis-jenis Proposal Beserta Pengertiannya Secara Umum



Setelah kita mengetahui jenis-jenis proposal diatas, mulai dari bentuk hingga secara umum. Mari kita lebih per'dalam lagi mengenai pengertian proposal itu sendiri.

Pengertian proposal jika dilihat dari beberapa ahli, adalah sebagai berikut:

Pengertian proposal adalah sebuah rancangan dari suatu usulan atau masukan mengenai sebuah penelitian yang mana pada saat kemudian akan dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya. Dalam pengertian proposal ini itu berarti proposal sama halnya dengan usulan. [Menurut sudut pandang dunia ilmiah]

Sedangkan menurut situs Wikipedia.org yang menjadi rujukan banyak orang, pengertian proposal adalah adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja (KBBI, 2002), perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh peneliti sebelum melaksanakan penelitian, baik penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di perpustakaan (library research). Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan agar mereka terbiasa berpikir sistematis-logis sebagaimana di dalam langkah-langkah penulisan proposal.

Demikian penjelasan panjang lebar mengenai jenis-jenis proposal dan pengertian proposal secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan menjadi bahan pembelajaran yang membuka wawasan kita lebih jauh. Salam dan terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis-jenis Proposal Beserta Pengertian Proposal Secara Umum"

Post a Comment